Storm Dengan OS 5

Beredarnya versi leaked Operating System Blackberry versi 5, memang sudah lama terdengar. Dari beberapa forum blackberry, pasti dibahas tuntas keunggulan dan kelemahan dari versi leaked tersebut. Review dari pengguna langsung pun mudah kita temui. Berbagi pengalaman antar pengguna, bisa menjadi dasar, apakah kita akan menggunakan versi tersebut, atau tetap dengan versi yang sudah stabil di handheld kita.

Sebelumnya, saya kurang tertarik untuk mencoba OS versi 5 Storm. Banyak bug yang kurang pas saya dapatkan, hanya untuk mencoba OS baru. Sampai minggu lalu, saya masih bertahan di OS versi 4.7 Official.

Tapi pikiran ini sudah berubah. Tidak kurang dari seminggu yang lalu, situs ternama yang membahas ihwal BB -crackberry- mengabarkan keluarnya OS 5 versi leaked 5.0.0.328. Seperti biasa, saya mengikuti thread ‘finding and fixes’ untuk OS tersebut.

Dari sekian banyak member crackberry yang sudah mencoba, saya melihat lebih dari 90% menceritakan kekagumannya atas OS tersebut. Banyak sisi positif yang didapat, dibanding bug kecil yang dialami. Nah, mulailah saya berpikiran untuk mencoba merasakan dahsyatnya OS 5 besutan RIM ini. OS yang hanya ditanamkan pada device keluaran terakhir milik mereka.

Akhirnya saya download, instal dan siap update ke BB. Percobaan pertama, gagal! 😀
Kegagalan yang membingungkan sebenarnya. Karena dari cara yang sudah saya jalani, hampir semua sesuai dengan petunjuknya. Berbagi pengalaman dengan komunitas ID-BB dan crackberry pun, menemui jalan buntu. Mereka juga bingung atas apa yang saya alami.

Jadi, problemnya adalah aplikasi loader untuk update, tidak mengeluarkan OS yang ada. Seakan handheld tidak cocok dengan OS yang saya download. Tindakan pertama saya melakukan download ulang. Hasilnya sama. Sampai download yang ke-3 kali, hasilnya tetap sama.

Berikutnya, saya utak atik desktop manager. Coba downgrade ke versi sebelumnya. Kemudian coba instal ulang, disconnect internet, dan beberapa hal lain, tetap tidak berhasil. Anehnya, bila saya coba update dengan versi 4.7, proses berjalan lancar. Tidak bermasalah sedikitpun.

Nyerah? Belum, donk. Masih banyak jalan menuju Roma. Walau akhirnya saya hentikan experiment saat itu. Coba cari suasana baru. Main ke Mall. Lihat SPG yang menjajakan dagangannya. Dan membeli makanan ringan. hihihi.

Pulangnya saya coba lagi untuk update. Penasaran di dada sudah sangat memuncak. Dan, bukan sulap, bukan sihir. Update OS 5 berjalan lancar. Tanpa suatu apapun. *heran*

Jadilah malam itu, saya disibukkan dengan exploring OS baru. Kesan pertama sangat menggoda. Storm menjadi sangat responsif, flick scrolling, beberapa icon baru, perubahan tampilan, dan beberapa hal menarik lainnya. Aplikasi yang saya gunakan sehari-hari juga berjalan sempurna.

Proses restore data sebenarnya berjalan mulus dari OS sebelumnya. Data contact dan dokumen sudah kembali. Hanya satu yang agak membingungkan. Walau restore tidak ada pesan error, BBM Groups tidak ada yang muncul. Kebetulan ada 4 grup BBM yang saya ikuti. Dan 3 diantaranya, menjabat sebagai admin. Bingung juga bila saya tidak bisa restore group-nya. Bakalan dicerca puluhan member lain, karena grup mereka berjalan tanpa admin. hihihi..

Esoknya, saya menemukan cara untuk mengembalikan group. Yaitu dengan scan barcode group terkait. Begitu terdeteksi, user kita akan otomatis join dan confirmed. Dengan posisi yang sama. Fiuh!

Sampai tulisan ini dibuat, saya sudah menggunakan OS 5 selama seminggu. Kesannya masih sama. Cakep! Kekurangannya baru satu yang saya temui. Batere seakan lebih boros. Saya jadi harus charge sehari dua kali untuk tetap terhubung dengan dunia maya. Hmmm, atau karena belakangan ini saya lagi senang chatting yaa? *lirik someone*

Advertisements
Explore posts in the same categories: Gadgetory

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: