Huawei E220

Jum’at 5 December 2008, saya membeli modem untuk koneksi mobile, setelah sekian tahun abuse HP/PDA untuk dijadikan modem. Awalnya, saya cukup puas dengan performa HP untuk koneksi internet via notebook atau PC. Selain mendapat dua fungsi sekaligus, saya juga bisa ber-internet di HP/PDA. Fungsi ini yang membuat saya belum melirik USB modem sebelumnya.

Namun, setelah kemarin saya melepas PDA, melintas iseng ingin mencoba ketangguhan Huawei E220. Kenapa saya pilih ini, jawabannya super simple. Karena type inilah yang bolak balik saya lihat dan baca di milist atau forum yang membahas per-gadget-an. Sekedar informasi, modem ini sudah mendukung koneksi HSDPA dengan kecepatan maksimal 7,2 Mbps. Spek lengkapnya, bisa minta bantuan Om Google.

Buka online store, mencari stok dan siap cash on delivery. Sore itu juga saya minta barang diantar. Setelah saya terima, langsung colok ke notebook. Modem ini sudah bundled driver dan aplikasi di dalamnya. Tanpa CD. Setup sana dan setup sini, akhirnya saya berhasil download internet. 😉

Saat itu, saya masih menggunakan settingan default. Salah satunya untuk koneksi yang WCDMA preferred. Ternyata dengan opsi ini, kecepatan kurang stabil. Bila sinyal HSDPA atau 3G hilang, langsung berpindah ke gprs. Ini yang membuat kecepatan menurun drastis.

Ketika saya ubah pilihan ini menjadi WCDMA only, hasilnya luar biasa. Walaupun sinyal HSDPA tinggal satu atau hilang sama sekali, kecepatannya tidak berubah sama sekali. Download internet pun tetap lancar jaya. Sejak Jum’at hingga Minggu pagi, saya sudah memindahkan beberapa giga file dari internet ke notebook saya. Termasuk Heroes episode anyar untuk session 3.

Hal yang sedikit mengganjal dengan mode WCDMA only adalah modem yang cepat panas. Mungkin ini wajar karena device dipaksa untuk terus mencari sinyal 3G atau 3,5G terbaik.

Yang jelas, sampai sekarang saya puas dengan USB modem keluaran Huawei ini. Pas digandeng dengan unlimited Telkomsel flash.

Huawei

Advertisements
Explore posts in the same categories: Gadgetory, Komputer

32 Comments on “Huawei E220”

  1. tmt Says:

    huaaahhh…wey… :p

  2. SiGue Says:

    Jadi pengen coba nih

  3. ikhsanpk Says:

    baru saja mengalami hal serupa =D
    pake indosat tapi.

  4. Andre Says:

    Wah jadi pengin beli hehe….cepetan mana y?telkomsel flash or IM2?kykny telkomsel flash sering down ya?

  5. Adoer Says:

    Kalo gw udah pakai dari sebelum lebaran kemaren bud, pengalaman selama pakai hampir 3 bulan-an, waktu awal top banget deh kebetulan berpasangan dengan Flash telkomsel unlimited, memang akhir2x ini Huawei agak cepet panas, biasanya kalau udah gini gw taro dilantai kebetulan lantai agak dingin jadi modemnya ikut dingin.. he…he (akal nggak pernah ilang), cuma untuk telkomselnya sekarang ini agak ‘dodol’ terutama kalau Sabtu dan Minggu, sering putus, paling banter dapet GPRS, kayaknya karena Sabtu Minggu mungkin banyak yang pakai.. padahal gw termasuk daerah kota lho, beda ama lo bud, Jakarta pinggiran haa..haa…haa.. kayaknya saya saranin pakai Indosat deh… katanya sih lebih stabil… cuma sayang sih udah terlanjur beli Flash..
    Cuma sayang paket unlimited, uploadnya dikit banget, saya pernah coba upload/install component Joomla sebesar 200kb sering ‘njeprut’, tapi kalau ukurannya dibawah 200kb sih oke2x aja..

  6. [BY]onicS Says:

    @Adoer:
    Set WCDMA only. Jangan preferred.
    Pengalaman gw, kalo preferred, begitu sinyal HSDPA/3G ilang, dia akan pindah ke gprs, lambat banget.
    Kalo WCDMA only, dia hanya bermain di HSDPA/3G aja. Walau sinyal tipis atau hilang, koneksi data tetep stabil.


  7. Mas gimana caranya merubah modem menjadi WCDMA only? soalnya setiap pindah ke 3 jaringan berbeda (GPRS, UMTS, dan HSDPA) speednya suka jatoh, malah nol…

    Satu lagi, waktu kabel USB nya di colok ke komputer koq autorun-nya ngga jalan ya? Modemnya terdeteksi tapi ngga dikenalin ama Windows nya cz ngga ada drivernya..
    Ini juga bisa di pake karena ngedownload driver dari Internet..

    thx..

  8. Adoer Says:

    @Andira
    Untuk pindah setting ke WCDMA Only tinggal buka aja program Mobile Partnernya, pilih menu tools, Option, Network, pada combo box NetworkType pilih WCDMA Only.

    Untuk drivernya nggak perlu download, kan sudah ada dalam modemnya, coba ke Explorer, terus di drive D atau E ada direktori Mobile partner, tinggal install aja dari situ..

    Semoga membantu…

  9. Triyoga Says:

    Saya udah pake modem ini 2 mingguan, awalnya sih tanpa masalah, koneksi lancar2 aja, baru aja kmaren mau internetan lagi, tiap modem dikonek ke pc pasti kursornya eror, ya pindah2 sendiri gitu. Modem Huawei E220 firmware 11.117.10.00.00, modem itu dah 7,2Mbps. Tolongin dong solusinya..apa perlu aku upgrade firmwarenya ya? jadi takut nih…Thanx before.

  10. Eva Says:

    Mau tanya donk… saya sdh pake mobile partner, tp minggu2 ini saya g bisa connet, setiap mau pake timbul pesan device not detected.Trus saya coba uninstall mobile partnernya n cabut modemnya, pas dipasang lagi g bisa muncul lagi untuk install mobile partner nya… Kira2 knp yah..

  11. budi Says:

    @Eva
    Saya pernah punya pengalaman serupa. Sebenarnya itu bukan masalah pada mobile partner. Tapi masalah pada driver yang corrupt, atau hardware-nya yang mungkin rusak.
    Cara ngetest paling mudah adalah dengan pasang di PC lain. Bila berjalan normal, berarti memang driver di PC sebelumnya yang corrupt. Instal ulang aja drivernya.


  12. @Adoer
    Thx mas. .buat saranya..

    udah koq bisa pake 3G Only.. masalah yang kmaren tuh saya pake driver nyari dari internet truz ngga ada applikasi Mobil Partner nya.. makan ngga bisa ke detect drive D atau E nya yg ada tulisan Mobile Partner.. setelah update firmware jadi 11.117.09.00.100 masalah bisa teratasi..

  13. adoer Says:

    Wah.. 2 hari yang lalu modem E220-ku mati, nggak bisa konek/kedetek, udah dicoba di PC lain, ganti nomor juga, tetep nggak bisa ke detek, ada yang tau download firmwarenya nggak?

  14. ABDUL SYUKUR Says:

    modem huawei e220 saya baru belum nyampe 3 bulan udah ga bisa connect internet tapi bisa detect oleh PC maupun laptop, ketika dibawa ke area 3G bisa connect tapi setelah bawa pulang ke daerah kembali lagi bisa detect tapi tak connect internet, tolong dong bantuin gw udah beli 1,25 jt lagi kok mudah amat rusak ya? TQ yg bisa bantu ke email : skoer_abdul@yahoo.co.id

  15. joko Says:

    @abdul

    anda pakai im2 nggak?, kalau betul, masalahnya bukan dimodem anda tapi indosatm2 minggu2 kemaren memang lagi bermasalah jaringannya, banyak pemakai im2 didaerah yang 3g/hsdpa nya lelet mengalami hal yang sama.


  16. @abdul

    hmm… mungkin benar indosatm2 nya bermasalah.. soalnya saya juga pake indosatm2 dan kadang cukup sulit melakukan koneksi, kadang ngga konek – konek, tp setelah hampir 4 bulan pake m2 pernah sekali waktu speed nya smpe 1.3 mbps (konstan di 1 mbps)pdhal quota udah habis dan seharusnya berjalan di speed 64 kpbs… [ada apa ya..?]

    sepertinya bukan masalah d modem.. tapi posisi menentukan prestasi,,,

  17. Fire Says:

    Sekarang saya juga masih menggunakan huawei e220, sinyal & respon cukup baik, tapi sayang ga’ punya port untuk external antena, jadi buat saya yang tinggalnya disebelah hutan kota yg cukup luas dan menghalangi bts indosat jadi kurang stabil menerima sinyal hsdpa, padahal kalau saya berjalan sedikit ke pinggiran hutan kota yg jaraknya hanya -+ 300 meter dari rumah, sinyal hsdpa full bar. Solusinya harus menggunakan eksternal antena setinggi -+ 10 meter yang penting bisa melewati pohon hutan kota. Tapi sayang e220 ga’ punya port eksternal antena, untuk sementara saya masih terus eksperimen masalah antena.

  18. Junaidi Says:

    Saya mau tanya, saya kan baru saja upgrade firmware dari 11.117.03.00.00 jadi 11.117.09.04.00. tapi selain itu juga, ga sengaja saya juga install Vodafone Mobile Connect Lite software dan akhirnya masuk kedalam modem E220 itu, gara2 itu juga, sekarang kalo nancapin modem ke komputer langsung d minta install yang Vodafone Mobile Connect Lite software. saya ini mengembalikan mobile partner ke dalam modem itu. ada ga yah yg tau caranya? thanks.

  19. IM2 Says:

    Mas budiyono, saya mau tanya nih?
    Saya udah setting ke WCDMA Only.
    Kalo sinyal 3G/UMTS ketangkep 95%
    Kalo sinyal 3.5G/HSPA ketangkep 43%
    Nah jadi masalahnya itu,
    Kalau lagi no traffic otomatis sinyalnya yg UMTS
    Kalau lagi saya pakai untuk browsing otomatis
    berubah dari UMTS ke HSPA.
    Pertanyaan :
    Bagaimana carannya bisa mensetting agar bisa memilih
    “UMTS only” atau “HSPA only” supaya ga pindah”?


  20. Firmware huawe e220 yang terbaru versi 11.117.10.00.00.
    Download dan panduan install di http://jagoanponsel.com/component/content/article/9-tips/43-upgrade-firmware-huawei-e220-11117100000.html?directory=12
    Berhasil di modem huawei e220 three saya, IM2 dan telkomsel flash jalan. Resiko penginstallan tanggung sendiri.

  21. tonee Says:

    gue mau berbagi aja ni. gue uda 2 bulan pake e220. kbtulan gue dapat yang Firmwarenya 11.117.06.00.00. waktu gue pake sejaman aja sudah panas bangat. emang stlah itu panasnya gak naik2 lagi, tapi panasnya ttp aja bikin gue kuatir. trus Firmwarenya gue up ke 11.117.09.00.00. tp ttp aja panas. iseng2 gue up lg ke 11.117.10.00.00, sma saja. nah kbtulan sepupu gue juga baru beli e220. waktu gue coba pake e220-nya sepupu gue gak panas kayak punya gue, cma angat walaupun makenya sudah lama. iseng2 gue tlpan tman gue yg jga pake e220. N mnrut tman gue wlaupun sudah dipake 12 jam-an e220-nya biasanya tdk panas, cma angat doang. stlah lihat e220-nya sepupu gue & tanya tman gue, tnyata firmware mrka sama pake yg 11.116.05.00.00. so iseng2 e220 gue, gue downgrade ke 11.116.05.00.00. Hasilnya.., beda bgat bro. skrng e220 gue gak spanas sblumnya wlpun dipake lama. N jg skrng lbih stabil. pdhal networknya slalu sy set di WCDMA Only. Ok bro, smga pngalaman gue bmanfaat bgi e220-ers semua. cheers..

  22. hendra Says:

    Mas budi, mohon tanya…
    Saya pakai modem huawei E220, di aplikasi mobile partner saya setting untuk network typenya kok terkunci ya..? ga bisa milih WCDMA only.

  23. [BY]onicS Says:

    Ubahnya, sewaktu gak konek internet.
    Kalo lagi konek, emang gak bisa diubah..

  24. wahyu Says:

    mas tw gk website untuk nyari firmware bwt huawei E156G gk?

    maksih infonya.

  25. iyo Says:

    kasih tau dong cara seting huawei e220 dgn flash, punya aku blm biasa on niy…
    klo pnya situ oke ko kenapa aku enggak…!!
    why…

  26. renly Says:

    mau tanya dong!!
    kalo pake telkom flash yang unlimited networknya disetting apa sih?
    gsm only atau wcdma only?

  27. andrykaka Says:

    saya baru beli modem huawei e220 vodafone, trus coba pake kartu im3 tapi masalahnya ga bisa connect (bisa sih tapi kira-kira cuma 5 detik truz disconnect lagi). gimana caranya ya supaya bisa connect pake im3? apa harus di upgrede dulu
    trus kalau mau dapat kartu IM2 dimana yah?

  28. Rian Khoto Says:

    Mau tanya Mas.., kali aja ngerti yaa… begini, setelah saya pakali modem huawei E220 nya selama beberapa bulan, tiba2 sekarang modemnya jadi gak bisa stabil di komputernya, maskudnya, setelah dicolok ke usb trus device nya hilang – timbul – hilang – timbul… terus begitu. jadi gak bisa ngenet deh, apa karna device error atawa yg lainnya? mohon penjelasannya Gan Adoer…. Btw Thank’s Before….

  29. Yudi Bagus Says:

    terimakasih bos infonya sangat bermanfaat sekali.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: