Tentang Provider

Bulan Mei lalu, performance gprs XL sangat mengecewakan. Lambatnya koneksi lebih banyak saya alami pada bulan itu. Bahkan dari bulan sebelumnya. Kesabaran sudah di ambang batas. Dan, berhenti berlangganan XL jadi pilihan paling pas.

Akhir Mei, setelah seluruh proses penghentian layanan XL, saya beralih ke layanan broadband IM2 keluaran Indosat. Dengan pertimbangan berbagai sisi, saya putuskan untuk mengambil paket Eco seharga 160 ribu rupiah untuk 700 mb. Selain untuk mencoba layanannya, pemakain IM2 ini sebenarnya saya posisikan untuk keperluan internet mobile saja. Perkiraan pemakaian mobile, hanya sekitar 500 mb. Berarti paket inilah yang paling cocok. Untuk opsi dengan modem, saya memang kurang tertarik. Selain harganya yang sama saja dengan membeli modem di luar paket, kontrak selama satu tahun terasa memberatkan.

Mencoba koneksi IM2 di sekitaran Pamulang bisa dibilang lebih baik dari XL. Walau ponsel yang saya miliki baru mendukung gprs, koneksi-nya lumayan stabil. Apalagi bila lagi beruntung dapat pinjaman ponsel 3G dari teman serumah. Speed-nya lumayan terdongkrak. Yang mengecewakan justru pada saat menggunakan IM2 di sekitaran Monas. Sebelumnya, saya pernah menggunakan unlimited internet dari Matrix, yang notabene sama-sama produk Indosat. Walau dengan koneksi gprs unlimited yang dikodratkan berjalan lambat, saat itu saya malah merasakan sebaliknya. Dugaannya adalah karena lokasi tersebut sangat berdekatan dengan kantor pusat Indosat di Jalan Merdeka. Kemungkinan mendapat aliran bandwidth berlebih. Namun, IM2 lain hal. Koneksi gprs di sini malah tidak lebih baik dari di Pamulang. Bisa dibilang lebih lambat.

Kita tinggalkan dulu cerita tentang koneksi IM2 yang seadanya itu. Bulan lalu, bertepatan dengan ulang tahunnya, Telkomsel secara mengejutkan mengeluarkan paket yang jauh lebih menarik dari paket-paket internet yang pernah ada di negeri ini. Flash unlimited. Dengan merogoh kocek sebesar 125.000, kita sudah mendapatkan koneksi internet unlimited dengan kecepatan 256 kbps. Tentu ini bukan satu-satunya paket unlimited. Ada beberapa paket dengan kecepatan lebih tinggi dengan penyesuaian harga. Termasuk beberapa paket dengan modem.

Ironis? Tentu saja. Mungkin tepatnya, ngeselin. Tumben berita ini tidak beredar sebelumnya. Biasanya, di beberapa milis yang saya ikuti, ada berita-berita menarik yang bocor sebelum keluar di pasaran. Tapi yang ini beda. Tentu saya tidak akan apply IM2, bila saya mengetahui tentang paket ini sebelumnya. Yah, sudahlah.

Pada minggu pertama menggunakan IM2, saya sudah berniat menutupnya paling lama setelah billing pertama. Bersamaan dengan niat tersebut, secara paralel, saya mendaftarkan diri untuk menjadi pelanggan Telkomsel, Halo Corporate. Kebetulan kantor saya ada kerjasama corporate dengan provider satu ini. Menariknya lagi, Halo Corporate ini memiliki paket harga tersendiri untuk Flash. Bila personal seharga 125 ribu, maka corporate hanya dikenakan harga 100 ribu rupiah saja.

Proses registrasinya jauh dari merepotkan. Saya tinggal menghubungi PIC, dan aplikasi dikirim ke kantor. Setelah memenuhi segala syarat administrasi, aplikasi diambil dari kantor. Sama sekali saya tidak perlu repot-repot datang ke grapari Telkomsel. Hanya satu hari setelah aplikasi diambil, Halo saya langsung aktif. Siap registrasi Telkomsel Flash unlimited pada billing berikutnya.

Jum’at lalu saya sudah tutup IM2. Pas akhir bulan Juni, yang bersamaan dengan akhir perhitungan billing. Dan awal bulan Juli, saya registrasi Flash unlimited untuk kartu Halo. Dan untuk sementara, saya kubur dulu niatan untuk menggunakan Fastnet.

Explore posts in the same categories: Gadgetory, Komputer

5 Comments on “Tentang Provider”

  1. syubidubidu Says:

    leyeh-leyeh ;))

  2. [BY]onicS Says:

    Dah hampir seminggu pake flash, di lokasi: monas, pamulang, sudirman, mak nyuss koq… 😉

  3. sugab Says:

    spam detected bos 😛

  4. Riza Says:

    Direkomendasiin matriks ama sugab mayan juga nih bud… cuman jam segini kayanya lagi ngeden.. ya gab?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: