Bergaul Dengan Crossbow

Sejak awal menggunakan Crossbow di BlueAngel telah membuat saya enggan untuk berpindah ke gadget lain saat ini. Segala sesuatunya menjadi begitu baru dan sempurna. Tampilan baru, menu baru, akses cepat, dan tentu, gengsi yang tak ternilai harganya. šŸ˜‰

Beberapa menit bergaul dengan aplikasi standar WM 6 buatan Helmi ini, saya langsung menginstal cab tambahan yang disuguhkan Helmi dan Xplode. HTC HomePlugin, HTC Dialer, Live, HTC Streaming sampai Audio Manager, langsung terpasang di BlueAngel. Menjelajah HTC Home, serasa memiliki beberapa aplikasi yang tergabung menjadi satu. Dari shortcut, weather, clock, sampai music player. Profile, device lock, dan speed dial lengkap dengan photo juga langsung terintegrasi dalam HTC Home. Tampilan HTC Dialer juga memberikan suasana berbeda untuk gadget gendut ini. Apalagi dengan tambahan HTC home customizer. Mak Nyuss!

Puas bermain-main dengan HTC Home, saya mulai melakukan instalasi segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia internet. Dari setting connection, email client (Flexmail), internet browser (opera) dan instant messaging (im+). Semua program wajib tersebut berjalan dengan sempurna. Restore message dan rules pun berjalan normal dari backup WM5. Kebiasaan saya yang selalu online setiap waktu tidak berpengaruh pada stabilitas WM6 ini. Download ratusan email setiap harinya, chat dengan YM, Gtalk, dan MSN juga tidak ada masalah. Kondisi standby dan over aktif tidak ada bedanya. Oh iya, source WM6 Helmi ini juga sudah dilengkapi autoconfig untuk semua operator di Indonesia. Jadi tidak perlu pusing-pusing setting internet secara manual. Pyuh, puwas!

Masalah mulai terasa ketika lagu-lagu dari storage card saya kumandangkan dengan windows media player. Jelas terasa suara mengalun tersendat dan putus-putus. Beberapa lagu saya coba, hasilnya sama saja. Well, bug nomor satu telah ditemukan. šŸ˜‰
Beruntung banyak aplikasi lain dengan fungsi serupa berjalan mulus pada device ini. Sebut saja Pocket Music dan HTC Audio Manager untuk putar mp3, atau Core Player untuk mpeg atau format video lain. Then, bug nomor satu sudah sirna ditelan bumi.

Bermain-main dengan PIM dari hasil restore SPB backup WM5, saya menemukan sedikit masalah. Memang semua contact dan appointment di calender sukses saya restore dan dapat dipergunakan. Namun, data PIM tidak dapat ditambah. Selalu keluar pesan database error. Cari banyak masukan dari beberapa orang yang punya pengalaman serupa, ternyata penyebabnya adalah SPB backup. Program ini nyatanya tidak dapat melakukan restore PIM dengan sempurna, pada kondisi backup WM5 dan restore di WM6. Saya coba perbaiki dengan menghapus seluruh PIM, dan membuat ulang dengan cara manual. Cara ini pun gagal, karena mungkin hasil restore SPB juga sudah merusak database PIM. Hanya satu jalan keluarnya. Hard Reset! Setelah itu, PIM kembali seperti sedia kala. Jadi, bagi yang upgrade dari WM5 ke WM6, gunakan cara lain untuk restore PIM. Bisa dengan aplikasi PIM backup, atau langsung synchronise dengan activesync.

Battery yang sering diulas menjadi sangat boros, tidak saya alami selama beberapa hari ini. Dengan pemakaian normal, tidak mengubah umur battery sedikit pun.

Lain power lain pula koneksi. Masalah pada aktivasi WIFI di WM5 belum hilang. Untuk mengaktifkan WIFI, beberapa kali masih harus melakukan soft reset. Beruntung aktivasi bluetooth tidak mengalami hal serupa. On dan off bluetooth lancar jaya dari CommManager. Hanya auto wake up pada saat bluetooth standby masih berlaku di OS ini. Ah, toh saya bukan type yang suka abuse bluetooth dalam kehidupan sehari-hari. Well, ini bug ke dua yang saya alami.

Kini, sudah lebih dari seminggu BlueAngel saya berjalan di atas WM6. Berbagai software dan aplikasi tambahan juga sudah banyak saya coba dan tidak ada masalah sama sekali. Dari aplikasi PIM, O2Plus, pdf reader, peta, today online search, rss reader, berbagai game, sampai fasilitas windows update berjalan sempurna. Kesimpulannya, tidak ada alasan sama sekali untuk tidak upgrade BlueAngel dengan Windows Mobile 2006.

Advertisements
Explore posts in the same categories: Gadgetory

3 Comments on “Bergaul Dengan Crossbow”


  1. yoi..

    Mantep banget, tapi lagi bugnya, account pop3 hilang”an T_T

  2. andymhakim Says:

    bisa share software yang dibahas ini? kebetulan aku baru belu blueangel juga cuma belum di utak atik. ditunggu yang di email, thanks

  3. AbiArsya Says:

    Lansung saja sambangi xda-developers.com bro, disitu melimpah ruah ROM dan software pda dari masing masing empunya spt Helmi, Xplode, Sundream dll.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: