Dan, Keputusannya Adalah..

Tiga bulan berputar-putar di berbagai tempat di pinggiran Jakarta, akhirnya saya bisa memutuskan lokasi yang tepat untuk dijadikan rumah tinggal. Vila Dago Pamulang. Saya memang sempat mencoret perumahan ini di awal survey beberapa bulan lalu. Alasannya, waktu itu masih terkaget-kaget dengan jarak dan akses yang dilalui.

Belajar dari setiap perumahan yang saya datangi, terbiasa dengan survey jarak jauh, akses yang bervariasi, sampai harga dan spek rumah, rasanya Vila Dago memang jadi pilihan yang pas untuk saya, saat ini.

Saya sempat mendatangi beberapa perumahan yang memiliki harga serupa. Yaaa, harga menjadi patokan pertama saya dalam mencari rumah. Dari harga, dilanjutkan dengan survey lokasi, spesifikasi bangunan, serta lingkungan dan akses jalan.

Pertama, harga. Dengan dana sedikit, saya tidak berharap mendapat rumah besar di Menteng atau Pondok Indah :-D. Di Vila Dago, lahan seluas 120 meter sudah dapat dibayar dengan dana yang saya miliki. Bila dibandingkan dengan harga perumahan di Depok dan Bekasi pun, dengan tipe yang sama, harga bisa lebih murah.

Kedua, lokasi. Lokasi yang saya maksud adalah posisinya dengan tempat saya bekerja dan bersosialisasi. Jarak memang masih terbilang jauh dengan lokasi saya bekerja. Namun, bila diperhitungkan dengan aktivitas sosialisasi -yang banyak di Selatan Jakarta-, Pamulang menjadi lebih efisien dibanding Bekasi/Pondok Gede. Pada detik terakhir sebelum memutuskan membeli di Vila Dago, saya sempat bimbang memilih dan membandingkan dengan Jatisari Permai di Pondok Gede. Sampai-sampai saya harus jalan dari Pamulang ke Pondok Gede untuk lebih memantapkan pilihan. Perjalanan pulang dari Jatisari, melalui jalan yang masih gelap, sepi, dan pemandangan yang basi di Kalimalang. Coba bandingin dengan Mahakam atau Barito.. πŸ˜‰

Ketiga, spesifikasi bangunan. Sebenarnya ada beberapa perumahan lain yang lokasinya pas, dengan harga yang lebih rendah. Namun dengan spesifikasi di bawah standar saya. Misal, yang harus diperhatikan adalah dinding. Saya cenderung menginginkan dinding terbuat dari bata merah, bukan batako. Atau, genteng beton khas rumah model minimalis juga jadi pilihan.

Keempat, lingkungan. Yang saya dambakan dari sebuah hunian adalah tempat yang tenang, jauh dari kebisingan, aman, taman yang hijau, serta fasilitas yang memadai. Walau saya tidak mendapatkan seluruhnya, sistem cluster yang dianut perumahan ini sudah memenuhi kebutuhan saya. Cluster Maribaya yang saya ambil juga sudah jauh dari lalu lintas kendaraan, tenang pasti. Mudah-mudahan aman karena hanya ada satu pintu masuk yang dijaga beberapa petugas keamanan. Kebetulan cluster yang saya ambil juga berdekatan dengan sports centre yang ada kolam renang, fitness center, sampai cafe kecil-kecilan di dalamnya. Taman-taman kecil pun ada di sekitarnya. Permata Depok Regency -perumahan yang masuk daftar pilihan-, perumahan yang masih baru berkembang, masih terlihat gersang dan panas. Ini salah satu hal yang mengurungkan niat saya untuk ambil di Depok.

Kelima, akses jalan. Walau masih dihantui macetnya pasar Ciputat, akses ke Pamulang memiliki beberapa alternatif. Bisa melalui Pondok Cabe, Bintaro, Cinere, atau Pondok Ranji. Akses tol BSD. Dan, ada jalur kereta dari stasiun Sudimara. Bila dengan kendaraan roda dua, ada banyak pilihan jalur tikus menuju Jakarta. Mudah-mudahan, flyover pasar Ciputat yang mulai dibangun akan lebih membuat akses ke Pamulang lebih cepat dan efisien.

Saat ini, rumah saya masih dalam tahap pembangunan. Bila tak ada halangan, rumah akan jadi dalam waktu empat bulan ke depan.

Rencana denahnya – Thank’s to Mona-:

denah

What do you think? πŸ˜‰

Advertisements
Explore posts in the same categories: Rumah

26 Comments on “Dan, Keputusannya Adalah..”


  1. lho, dp, kpr, kredit, ga ada detailnya??
    blog payah nich…!! :p

  2. toto Says:

    Selamat akhirnya sudah menentukan pilihan .. type berapa ya kok panjang banget …

    saya justru akhirnya milih di Permata Depok Regency berbekal tulisan ini ..
    dah ada komunitasnya di http://groups.yahoo.com/group/permatadepokregency/

  3. acha Says:

    jangan lupa selametan sekalian kopdar πŸ™‚

  4. [BY]onicS Says:

    # Fahmi Gemblunk, yang jelas gw ambil kredit Mandiri SUX. Ah, kalo bisa mengulang mending gak ambil Mandiri.

    # Acha, vila dago juga?

  5. Azil Says:

    Ada rupa ada harga πŸ˜€ gua gag nyesel beli di bintaro dengan harga yang lebih mahal dari vila dago walau dengan ukuran yang lebih MINIMALIS πŸ˜€
    Eh, iya fasilitasnya sesuai? sport center, sekolah, tempat belanja, dll?

  6. [BY]onicS Says:

    #Azil
    Sport Center khan dah jadi. Sekolah juga. Tempat belanja, di depan komplek ada Alfa, geser dikit ada Hero. Skarang lagi dibangun Pamulang Square hanya 200 m dari pintu gerbang.
    Neh skrinsut kolem renangnya: http://www.geocities.com/byonics/IMAGE_155.jpg

    *halah, gw kayak marketingnya*… πŸ˜€

  7. shemut Says:

    selamat…selamat..ya BY jadi warga “selatan jakarta” nih… πŸ˜‰

  8. DezZ Says:

    ambil kredit rumah, bagusnya pake bank apa bud?

  9. DezZ Says:

    beuh! itu tampang gw bisa diganti gak sih?? gimana cara??!! ;D

  10. [BY]onicS Says:

    #DezZ
    F M C O P D

  11. tmt Says:

    ciyeh ciyeh…..bisa dipake bakar ayam taon baruan dong nih…

  12. mBu Says:

    wah..
    lumayan deket tuh..

  13. calupict Says:

    Deket dong. Kapan2 kopdar Tangerang dong.

  14. Bi[G] Says:

    hmmm… siap2x bikin arisan pamulang, ciputat dan sekitarnya..

  15. dodi Says:

    waktu itu ada temen yang nawarin rumah dijual di Menteng. harganya Rp 9 M. tentu saja si temen dihujat karena menawarkan ke orang2 yang salah..

  16. ela Says:

    ga jadi ke depok *sigh*
    akhirnya… kebeli juga rumahnya yak πŸ˜€
    sulamat… sulamat
    makan-makannya mana?!?

  17. Tresno Says:

    selamat mas! rumah baru!

  18. anto Says:

    mas…bisa kasih tau ada rumah yg mo dijual lg gak???? yg di Villa dago tol..aku jg mau niih.lg cari rumah juga

  19. widy Says:

    yach… selamat de, yg pny rmh br.. tp denger2 dsitu sering ada ‘preman’. msh adakah? jd kl ada mobil masuk dg bw perabotan atau bhn bangunan biasanya dipalak sm pduduk kampung yg tinggal di blkg vila dago. mg2 dah ga ky gt lg ya..

  20. woro Says:

    Selamat ya, akhirnya dapet lokasi yg cocok, deket sama tempat tinggal gw,,,kpn2 maen dong , skrng gw tinggal di komp pajak cipadu tanggerang.

  21. lita Says:

    lam kenal mas, semoga betah di blok E saya di blok G

  22. ika Says:

    weys..!!
    selamet ya mas.. btw, salam kenal..
    kebetulan saya lg cari rumah neh.. rencananya mo hunting sabtu ini.. klo boleh (boleh yah.. please! πŸ˜€ ) saya minta lokasi villa dago tol dong.. soalnya pict-nya disini ga muncul..
    makasih yah..
    haturnuhun..

  23. Astrie Says:

    Just wonder… kalau boleh tau gimana kabar pembangunan rumahnya sekarang ? just wanna share aja nih gw juga beli rumah di vila dago, cluster Rosa…dan baru jadi…tapi so far gw kecewa banget ma hasilnya….kualitas bangunannya jauh dari harapan gw….walaupun emang gw nggak berharap tu rumah bakal bagus banget…tapi ini sih parah deh…mulai dari strukturnya yang nggak rapi (bangunan tembok tidak lurus),rangka kayu kualitas rendah efeknya struktur atap dilihat dari luar melengkung dan kemungkinan besar bisa bikin bocor, dll…udah complain berapa kali tapi ditanggapinnya lambat… tapi gw lihat bangunan rumah2 yang lain juga sama aja…jadi mo complain terus capeee deh rasanya πŸ™‚

  24. abdullah Says:

    Hello,
    Saya berencana mengontrak-kan atau MENJUAL rumah saya di komplek Vila Dago – Alam Asri I blok H4 no.8, type 36/78, bangunan masih standard abis plus halaman depan di conblok & pagar pemanis.
    Tanpa perantara. Serius, call saya di 0815-130 11949. [abdullah]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: