Pindah Hosting

Setelah beberapa waktu ‘agak’ bermasalah dengan layanan idwebhost, per tanggal 27 Februari 2006 domain saya berpindah hosting ke A3plusmedia. Dengan bantuan yang tak terhingga dari Bi[G], proses transfer berjalan mulus.

Sedikit cerita ke belakang, awalnya saya sangat puas dengan layanan dari idwebhost. Selain harganya murah, respon dari customercare-nya pun cepat dan mudah dimengerti. Apalagi untuk newbie seperti saya. Pada bulan pertama sampai bulan kelima, hampir tidak ada masalah berarti yang mengganggu aktivitas domain ini. Walau beberapa kali drop, tapi cepat terselesaikan. Waktunya pun tidak berdekatan.

Masalah mulai timbul pada bulan keenam, kejadian drop dan tidak bisa diakses semakin sering. Baik siang maupun malam hari. Email yang menggunakan domain ini pun jadi sering bounching. Kebetulan mengikuti beberapa milis yang traffic-nya lumayan tinggi, jadi bisa cepat terdeteksi ketika email yang terdaftar dalam milis tersebut bermasalah.

Beberapa hari kemudian, masalah drop ini tidak terlihat disiang hari. Dari situ berharap kejadian ini tidak lekas terulang. Tapi sayang, masalah email belum juga berakhir. Melihat stabilitas domain pada siang hari, saya berkesimpulan drop terjadi pada malam hari. Karena email bounching ini saya ketahui pada pagi hari. Jelas beberapa email penting pun jadi terlewatkan. Setiap hari juga harus melakukan aktivasi email tersebut di beberapa milis untuk melepas bounching.

Berkali-kali mengadukan masalah ini ke beberapa customercare yang ada, mereka hanya menjanjikan akan melakukan check atau reset domain saya. Tapi sampai akhir bulan ini masalah tidak juga hilang. Sebagai manusia yang masih sangat buta di dunia hosting dan permasalahannya, tentu saya tidak mau memikirkan kesalahan ada dimana atau bagaimana solusinya. Yang jelas, sebagai customer saya belum bisa menerima masalah yang berlarut-larut seperti ini.

Diskusi dengan beberapa rekan yang menggunakan jasa dari idwebhost, saya mendapat pengalaman yang berbeda-beda. Ada yang punya pengalaman serupa, namun ada pula yang puas dan jarang mengalami hal seperti ini. Atau mungkin karena perbedaan paket yang diambil? Hmmm…

Mudah-mudahan di tempat yang baru ini, tidak timbul masalah-masalah berarti dan mengganggu aktivitas yang berkaitan dengan domain saya.

Advertisements
Explore posts in the same categories: Komputer

23 Comments on “Pindah Hosting”

  1. didats Says:

    gw pake paket 25 mega
    lancar2 aja… šŸ˜€

    blom mau pindah, tapi kalo memang kejadiannya kaya gitu, ya sebagai custumer, aku dukung untuk pindah.

    eh, ada acara makan2?

  2. didats Says:

    eh, gw lagi di australia loh… *lirik from di bawah*

  3. basibanget Says:

    bounching apaan kaka?

  4. ndra Says:

    jadi pindahan toh

  5. arjuna Says:

    untung gue hosting@nebeng huehue
    megang password rootnya pula šŸ˜›

  6. achmadi Says:

    oo ternyata ini to yang kemaren di cetingan ??

    MAKAN MAKAN dong buat BiG!!

  7. damarhadi Says:

    masih setia ama idwebhost šŸ˜€

  8. ivo Says:

    HEDOP GRATISAN!

    *yg masih gratisan ampe detik ini*


  9. tes…

    cuma mau kasih tau kalo blogs gua di MIT pindah, dari blogs.mit.edu/azil/ ke blogs.mit.edu/CS/Blogs/azil/. Sekian, #-o

  10. lea Says:

    MAKAN MAKAN!

  11. boku_baka Says:

    Untung gak hosting di situ..

    gratisan is norak (TM)

  12. Indra Says:

    mas .. kalo saya bener2 Indra looh … ;))

  13. toni Says:

    kalo saya, mulai dapet maslah sejak servernya diinstall ulang. webstatnya mulai ngaco, dan akhirnya gk jalan sama sekali sejak akhir januari. klo soal availabilty sih lumayan oke, meskipun iya, ngedrop itu bisa dihitung. keluhan sudah saya ajukan mulai dari CS sampe disruh imel ke email sales-nya, bahakn sudah dua kali saya kirim imel tapi tidak ada replynya sampai sekarang. kemudian saya nemu, ternayta idwebhost punay forum. Tanggal 28 yg lalu saya post pertanyaan saya di sana, and guess what? yep, belum ada tanggapan sampai detik ini.

    BTW, klo pindah hosting tuh prosedurnya gimana ya apa yang harus saya perhatikan? Klo ada opsi yang sama murahnya silahkan ditulis :).

    Terimakasih

    *serasa nulis ke PO BOX keluhan konsumer*

  14. frozi Says:

    wah, kita sama bud! gw udah tahun kedua di sini. selama ini ok-ok aja!

    oh ya. kapan MAKAN-MAKAN?ā„¢

  15. medon Says:

    IGH anteng ma igeha aja dah…


  16. […] Baru saja menulis blog dengan judul ‘Pindah Posting’ pada tanggal 01 Maret 2006, dihari yang sama sebelum matahari tenggelam, saya dipanggil BigBoss. Lebih dari 90% pikiran saya telah mengetahui maksud pemanggilan tersebut. Dan benar saja, sore itu saya diminta untuk pindah ke bidang pekerjaan lain seperti yang telah saya pikirkan sebelumnya. Maka, jadilah judul tulisan selanjutnya adalah ‘Pindah Bagian‘. […]

  17. diazepam Says:

    nice blog šŸ˜€


  18. […] saya pindah tempat hosting, yang menggunakan DirectAdmin, saya hampir tak pernah melihat menu untuk upgrade wordpress. Ya […]

  19. IDwebhost Says:

    Dear mas Budiyono dan teman-teman blogger,

    Saya Nugroho dari IDwebhost.

    Mohon maaf sebelumnya, terlambat komentar, baru searching mengenai service mengenai hosting, dan menemukan artikel ini.

    Mengenai Service server kami usahakan selalu yang terbaik. Dan kami mohon maaf atas kejadian yang menimpa mas Budiyono untuk kendala di account hosting. Karena memang untuk paket shared hosting, ketika ada satu user yang menyebabkan load server tinggi, account yang lainnya ikut terkena akibatnya. Hal ini pula yang dialami Mas Budiyono waktu itu. Kami sangat berharap, kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

    Namun, kami sangat berterima kasih atas informasi yang diberikan dari blog ini. Jika nantinya, ada teman2 yang mengalami permasalahan dengan IDwebhost, bisa kontak kami via support@idwebhost.com. Semoga kedepannya semuanya bisa lebih baik lagi. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dalam penyampaian.

    Sukses buat teman-teman semua.

    Regards,

    Nugroho
    IDwebhost.com

  20. Ghost Door Says:

    pindah saja ke webhosting.web.id, disana ada layanan hosting gratis dengan server US


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: