Akhirnya Terpasang Juga

Beberapa bulan lalu saya hanya bisa termenung-menung diam saja melihat tutorial yang diberikan Priyadi dalam postingan di blog-nya mengenai plugin wordpress Ip To Country hasil karyanya sendiri. Sebagai seorang absolute newbie, tutorial yang diberikan memang sangat membingungkan. Dan yang jelas postingan ini agak basbang bagi yang sudah lama pasang plugin ini di blog-nya. Apalagi hanya berbekal pengalaman sedikit utak-atik css dan php dengan logika sendiri dan ini pun baru dilakukan beberapa bulan lalu. Mungkin untuk tutorial memasang plugin semacam browser detection, cukup bisa β€˜ditelan’ dalam jangka waktu beberapa hari. Namun untuk yang satu ini, yang memerlukan pembuatan table pada phpMyadmin dengan sql -atau apalah namanya- jelas-jelas membuat pusing tujuh keliling.

Kata phpMyadmin sendiri baru saya dengar sekitar 2 hari yang lalu. Yaitu ketika saya sedikit bertanya kepada Bi[G] yang saya tahu blog-nya sudah dihiasi dengan plugin ini. Tapi memang dasar orang besar ini agak gemblung, sehabis memberikan sedikit clue, langsung hilang tanpa bekas. Ugh!

Akhirnya pada malam minggu terakhir dimasa bujang, ketika sedang iseng browsing, chating dan blogwalking saya menemukan blog buatan Yusac Medon. Disini disebutkan beberapa langkah mudah dalam pengimplementasian plugin iptocountry dengan lebih sederhana. Dan tutorial singkat ini jelas diperuntukkan untuk kaum seperti saya.

Walau masih dalam keraguan untuk menerapkan setiap langkahnya, dengan tuntunan langsung dari si empunya blog dan sedikit masukan dari Rendy, akhirnya saya nekat melakukannya. Sesi pada pembuatan table iptocountry adalah yang paling membuat ragu. Karena sama sekali buta akan SQL dan yang paling ditakutkan apabila hal ini malah membuat masalah pada database lain. Pengalaman untuk backup pun masih nol besar.

Sampai menjelang pagi, saya masih saja mencoba mengenal menu-menu yang ada pada phpMyadmin. Tidak mau gegabah dalam meng-click setiap menunya. Dan sampai mata ini semakin berat dan bantal mulai menghampiri, saya baru melakukan langkah upload plugin, download sql dan download flag icon-nya. Sementara keraguan untuk create table harus pasrah dibawa tidur dulu malam tadi.

Paginya, entah setan apa yang berhasil merayu saya untuk melakukan langkah berikutnya. Begitu menyalakan komputer saya langsung create table baru, tentu dengan tetap mengikuti tuntunan Medon. Beliau pun menyarankan untuk melakukan ini sedikit demi sedikit mengingat value yang ada sangat banyak sekali. Mungkin mencapai puluhan ribu. Apalagi dengan kecepatan koneksi yang seadanya.

Sambil ditemani segelas teh manis, setoples lanting, dan obrolan santai berchating ria dengan teman kantor, akhirnya proses pembuatan table iptocountry pun usai. Memang memakan waktu agak lama pada proses ini. Space yang dibutuhkan pun lumayan besar. Mungkin lebih dari 1,5 mb. Akibatnya space yang tersedia pada domain saya hanya tinggal sekitar 3 mb dari 10 mb yang disediakan oleh paket basic idwebhost. Sebenarnya terpikir untuk upgrade jumlah space yang ada, namun dengan kondisi idwebhost yang sering sekali down akhir-akhir ini, saya agak ragu untuk melakukannya. Lihat saja nanti bila layanananya semakin baik. Sementara ini sisa 3 mb saya rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan aktivitas blog.

Singkat kata, setelah table dibuat, saya mulai melakukan upload icon-icon bendera dari berbagai negara yang telah di download semalam. Kemudian sedikit mengedit kode-kode pada comment.php yang juga diinformasikan Medon dalam blog-nya. Langkah terakhir, aktivasi plugin!

Dengan kepuasan tersendiri, akhirnya saya berhasil memasang bendera negara para komentator di blog pribadi ini sesuai dengan ip mereka masing-masing. Namun saya masih menemukan sedikit ketidakcocokan negara dengan asal para komentator ini. Ada seorang rekan yang tinggal di Bali, terdeteksi dari negara China. Dan rekan lain yang kantornya berada di Mampang, Jakarta Selatan malah terdeteksi dari negara Australia. Tanya kenapa?

Tapi masalah ini belum terlalu dipikirkan. Yang terpenting tujuan saya untuk memasang plugin ini telah tercapai. Dan sekarang saya bisa melihat berasal dari negara mana mereka-mereka ini. Siapa tahu, bila berkunjung ke negara mereka, saya bisa mendapatkan tempat menginap gratis. Hihihi..

Explore posts in the same categories: Komputer

24 Comments on “Akhirnya Terpasang Juga”

  1. byonic Says:

    Test, aw!
    *wink-wink*

  2. medon Says:

    tapi koq malah ip mu di detek ama aku jadi dari amerika? apakah anda dari amerika? ape baru nyampe di amerika? apa… plugins gwa yg error πŸ˜€

  3. byonic Says:

    Bwhahahaha… Mari kita tanya pada rumput yang bergoyang..
    Saya asli dari perumahan sempit di Jakarta Timur, walau memang saya pernah bermimpi tinggal di Amerika.. πŸ˜€

  4. didats Says:

    siapa bilang gw tinggal di Bali???
    gw sekarang lagi di China kok…

    *liat plugin IPtoCountry*

  5. rendy Says:

    HAHAHAHA, NANTI KALO LU UPGRADE WP LU, PASTI NANGIS… :))

  6. ela Says:

    Sambil ditemani segelas teh manis, setoples lanting, dan obrolan santai berchating ria dengan “teman kantor”, pasti gw!!! mbo’ ya di kasih Link gitu sekale sekale ke ‘rumah’ gw…heran dah, kenapa aplen gw belakangan ini jadi medit ma elmu gini yak !!! btw…ternyata hasilnya keren euy…bikinin duong ;;)

  7. DezZ Says:

    tess..!!
    soale gw binun da dimana,hanya dikelilingi komputer & pria2 aneh.Mungkinkah gw didunia luar?? haqhaqhaq

  8. ela Says:

    gw lupa ngasih URL … *amatir* itu panggilang buat gw dari om girang satu ini :p

  9. DezZ Says:

    Hahhh?!!Indonesia. brarti plugin muh tak akurat TUOB!

  10. Bi[G] Says:

    hmm.. basbang? iya sih..
    ngilang? nggak juga.. nunggu pertanyaan selanjutnya nggak ada ya udah gue pulang.. πŸ˜€
    plugin eror? didat dari china? hauwhuawhauhwaw
    install ulang pluginnya.. erornya banyak nih.. πŸ˜€

  11. Bi[G] Says:

    “Mungkin lebih dari 1,5 mb. Akibatnya space yang tersedia pada domain saya hanya tinggal sekitar 3 mb dari 10 mb yang disediakan oleh paket basic idwebhost. Sebenarnya terpikir untuk upgrade jumlah space yang ada, namun dengan kondisi idwebhost yang sering sekali down akhir-akhir ini, saya agak ragu untuk melakukannya. Lihat saja nanti bila layanananya semakin baik. Sementara ini sisa 3 mb saya rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan aktivitas blog.”

    Asiikkkk.. budi mo pindah hosting..
    pindah ya bud?
    eh.. beneran kan plugin elu error…
    bwahahwhawhahwahwaw…

  12. byonic Says:

    #9 : Makanya punya blog yang addressnya gak njelimet.. πŸ˜›
    #10: Emang kebon jeruk udah diluar Indonesia yaa? *jitak DezZ*
    #4,11,12 : *cuek bebek*

  13. geblek Says:

    berkibarlah benderaku

  14. shafa Says:

    om budi.. om budi.. bendela negala kita apa cih..?

  15. vnuzday Says:

    Cuma Mau check,
    Aku berasal dari negara mana ya???

  16. vnuzday Says:

    Jrit!!!
    Aku dari singapore, padahal mimipi kesana aja belum..

    *kaboooooor*

  17. byonic Says:

    Hehehehe… Sabar saudara-saudara..
    Gw udah nemuin sumber masalahnya.. *kayaknya sih.. :-D*

    Tapi nanti aja gw benerinnya, skarang nikmatin dulu kaliyan terlihat berada di negara lain.. Ocret!
    *ahlesyan mode on*

  18. boku_baka Says:

    Testing testing dari manakah saya. πŸ™‚

    (*deg-degan jangan2 didetect IP dari Timbuktu*)

  19. balq Says:

    oot yak bro..
    met menempuh dan menembus kenikmatan baru deh. moga2 bahagia selalu. amin. πŸ™‚

  20. iqbal_ir Says:

    Tess ahhh… πŸ™‚

  21. andre Says:

    coba-coba pa’ bud

  22. agoenk70 Says:

    mohon pencerahan dunk biar bisa pasang bendera di setiap komentar yang masuk…. n download image Flag nya dimana yach???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: