Koneksi Starone

starwanAlternative pengganti Matrix sebagai media komunikasi dengan internet akhirnya sudah ditemukan. Setelah mencoba koneksi Radnet yang dirasa kurang efisien dengan model penggunaan sehari-hari, akhirnya pilihan terakhir jatuh pada jaringan CDMA Starone yang lagi-lagi disediakan oleh Indosux. Matrix sendiri ditutup pada tanggal 4 Desember 2005 kemarin dengan alasan penghentian program unlimited GPRS.

Resminya mengajukan aplikasi paska bayar Starone pada akhir November dan mulai aktif pada tanggal 6 Desember 2005. Selama beberapa hari ini mencoba menggunakan koneksi dengan menggunakan Nokia 6585 dan kabel DKU5 dengan posisi di sekitar Monas Jakarta Pusat dan kondisi sinyal full. Dibanding dengan Matrix pada posisi yang sama, kecepatan Starone jauh lebih baik dan stabil. Selama 3 hari ini ditest, baru mengalami disconnected sebanyak 1 kali. Berbeda dengan Matrix yang setiap harinya bisa beberapa kali disconnected.

Untuk percobaan di rumah dengan hardware yang sama, namun dengan kondisi sinyal hanya 1-3 bar dan bila untuk telpon juga sering drop, Starone pun masih menunjukkan kehebatannya. Nyaris tidak berbeda dengan kondisi sinyal full. Perbedaan mencolok justru ketika dial menggunakan infra red. Kecepatannya menyedihkan. Bahkan bisa dibilang sangat lambat. Dan parahnya, bila melakukan koneksi dengan infra red ini, hanya dalam waktu 10 menit display ponsel seperti memudar. Semakin lama tampilan hilang sama sekali. Kondisi normal akan kembali lagi bila sudah tidak digunakan untuk melakukan koneksi.

Yang patut disayangkan, paket internet Starone yang hanya 1 gbyte dalam 1 bulan dengan tarif Rp 200 ribu. Untuk kelebihan pemakaian dikenakan tarif Rp 500/MB. Tentu ini sangat memberatkan bagi yang sering download file besar-besaran dan aktifitas email yang trafik-nya tinggi. Jadi harus pintar-pintar menggunakan aksesnya serta memantau besarnya penggunaan data transmit dan receive. Saya menggunakan GPRS Counter versi 2.4 yang rasanya sudah cukup handal menghitung besarnya data-data tersebut. Namun perhitungan aplikasi ini belum dapat dibuktikan kesamaannya dengan billing dari Indosat bulan depan. Mudah-mudahan saja tidak terlalu jauh berbeda sehingga terhindar dari kebobolan yang sering dikhawatirkan banyak pihak. Tentu juga berharap billing Indosat tidak ngaco seperti image yang sudah melekat pada provider ini.

Pada saat blog ini diketik, dengan pemakaian mulai tanggal 6 December 2005 sampai 12 Desember 2005 terlihat pemakaian baru 48 Mb dengan durasi sekitar23 hr. Rata-rata perhari saya menghabiskan 10 – 20 mb. Memang style pemakaian internet masih sangat sedikit dan jarang melakukan download file besar-besaran. Kebanyakan aktifitas hanya membuka gmail sebagai email utama, menulis blog, memoderatori forum dan beberapa milis HTML, baca berita dari beberapa website, Yahoo Messenger serta blogwalking. Rutinitas inipun masih disaring dengan menggunakan Proxomitron yang secara otomatis memblok file-file yang tidak berguna untuk ditampilkan di browser. Beberapa email yang penting juga sudah diforward ke email kantor demi mengurangi beban download email.

Kelemahan lain yang paling terasa adalah pada ponsel CDMA yang batery-nya sangat boros dan handset yang cepat panas bila digunakan. Selain itu, belum adanya ponsel murah CDMA dengan fasilitas bluetooth yang bisa dikondisikan sebagai modem saja. Sebelumnya saya biasa menggunakan Ericsson T39M dan bluetooth untuk koneksi internet GSM. Walau dengan harga murah -sekitar Rp 350 ribu-, ponsel ini sudah memiliki fitur yang lengkap dengan bluetooth dan batery yang tahan lama. Sementara ponsel CDMA dengan fasilitas itu bisa mencapai lebih dari Rp 1,5 juta.

Mudah-mudahan ini merupakan alternatif terbaik sampai mendapatkan koneksi internet yang ‘sebenarnya’.

Explore posts in the same categories: Gadgetory

41 Comments on “Koneksi Starone”

  1. Marko Says:

    proxomitron cara makenya gimana?

  2. Avy Says:

    Bud Kalo mo dowload file besar pake fren aja…beli yang internet prabayar.
    Jadi langkah pertama beli fren prabayarnya.
    kedua beli kartu internet prabayar yang time based,
    bukan yang volume based. Tarifnya Rp.160/menit.
    info di http://www.mobile-8.com terus beli kartu prabayar internet di mobile.jalawave.com –>paket 10 jam 106.000. Mudah-mudahan membantu kalo mo download file besar.bulan depan aku pake dua-duanya deh.

    Info Netac Modem CDMA 2jt di mobile 8.
    Info ZTE Modem CDMA 1,5 juta, 750 rebu bisa tapi kudu langganan pascabayar 300rebu/bulan dapaet 40 jam.

    kecepatan download 6-12K. Dibuktikan pas di bandung, demo ama sepupuku yang kerja di jalawave.

  3. byonic Says:

    @Marko
    Coba instal dulu, Om.. Nanti ada langkah2nya koq..

    @Avy
    Gw dah pernah pake timebased-nya fren dengan cbn. Tapi belum sesuai dengan gaya gw make i-net, euy… 😀

  4. iang Says:

    eh, hp yg bisa dipake ciri2nya apaan?

  5. byonic Says:

    #iang
    Yang pasti CDMA dual band yang bisa koneksi dengan kabel data, infra red, atau bluetooth.

  6. Avy Says:

    gak coba modem ZTE seharga 1,5 juta rupiah

  7. Jauhari Says:

    Mau COBA ah make BINTANG SATU 😀

  8. dienk Says:

    pake staroene + modottel + cabelh charging.
    ga pake batrey, jalan terus… ^^


  9. […] Untuk memenuhi kebutuhan internet, sudah berhasil browsing dengan menggabungkan PC dengan koneksi network melalui ActiveSync. Untuk GSM modem T39 Ericsson dengan menggunakan Im3 via infra red sudah berhasil, namun dengan bluetooth masih belum berhasil. Yang paling mengganjal adalah gagalnya koneksi dengan Starone dan Nokia 6585. Pasalnya, saya mendaftarkan paket 1 gb koneksi internet dengan provider ini. Sehingga dijamin browsing pun akan lebih ‘nyaman’. Sudah beberapa kali mencoba berbagai settingan dan extra setting modem, hasilnya tetap gagal. Padahal dengan ponsel yang sama, koneksi berhasil dengan menggunakan TelkomFlexi. Ada yang bisa bantu? […]

  10. dienk Says:

    hehehe… sampai sekarang saya masih pengguna setia starone. sudah 1 tahun lebih berlalu. ^^

    munkin masalah sinyal perlu di perhatikan, mengingat jaringan starone memang masih kurang baik di beberapa tempat.

    dan jangna lupa memasukan username & password yang telah ditentukan sewaktu dialing.

    Username: starone
    Password: indosat

    thanx


  11. […] Kemudian dilanjutkan dengan memakai jasa CDMA Starone dengan paket 1 gb-nya, yang lagi-lagi keluaran Indosux, sampai hari ini. Dengan paket yang terbatas dari Starone ini, membuat pemakaian internet terasa kurang nyaman. Kekhawatiran akan melewati batas pemakaian sudah pasti membayangi. Berbagai program untuk memblok berbagai jalur yang tidak penting menjadi kebutuhan primer yang harus dipasang. […]

  12. Tony Says:

    Hallo…

    Saya masih baru nih disini. Saya lagi cari ISP di Surabaya, yg support minimal separoh internet connection yang saya punya di negeri Belanda (15,40 Mbps, menurut internet connection speednya Indosat). Disamping itu disini nggak ada bandwith limitnya.

    Terimakasih atas infonya…

  13. Oguds Says:

    Coba saja pake Wifone-nya Esia. Per menit hanya Rp100. Memang masih terbatas areanya. Untuk kecepatan, rata-rata 10KB/detik.

  14. ikhwan Says:

    apa kelebihan pake modem hp dan modem ZTE? Klo modem ZTE dipake dalam waktu yang lama(misak 12 jam) ada efek sampingnya pa tidak?

  15. ikhwan Says:

    temen saya pake modem ZTE. karena waktu nyabut tu modem ga di remove dulu sehingga modem rusak ga bisa d pake lg.

  16. ikhwan Says:

    Klo ada yg taw tlng kasih jawaban


  17. Mungkin ini bukan jawaban, tetapi menurut pengalamanku, ini terjadi karena sewaktu dicabut, pin-pin yang seharusnya hanya dilewati data, secara tidak sengaja menempel pin-pin yang diperuntukkan untuk voltage, seperti halnya USB flash disk, hal ini sering terjadi.

  18. BUDIARNO Says:

    Cara setting hp sbg modem internet pake kartu im3 dan mentari gmana ya? Mohon pencerahannya! THX!

  19. veraldi Says:

    Coba aja pake NOKIA 2685. Bluetoothnya mantap.

  20. veraldi Says:

    Ajarin gimana cara mengetahui banyaknya pemakaian internet pake starone dong……

  21. renky Says:

    kalo buat PCnya bluetooth yg ok apa yah? dimana sih dapetin gprs counter? http://www.amk.ac.id/download/index.htm ???!!!

  22. Asih Says:

    Jenis HP apa yg tahan untuk di pake internet dg starone. Kalao bisa yg murahan. Nokia atau apalah gitu. trus cara mengitung brp jml pemakaian internet gimana?

  23. Rusman Says:

    Gw punya beberapa pertanyaan nih, tolong dijawab ya!
    1. Kira-kira, berapa ukuran internet file per halaman, baik yg full animasi maupun yg minimalis.Karena gw pernah nyoba koneksi internet pake fren pulsa 10.000 cuman buat buka 3 ato 5 halaman yahoo aja!!!
    2. Kalo pake bwat internet, mendingan pake yg volume based ato yg time based?
    3. Apa starone udah bisa dipake di Bandung belum?

  24. suga Says:

    password ama user id-nya jalawave time base apa sih???bagi dong

  25. Tris Says:

    AKu pake starone dengan TIME based wah asik bener deh
    gak pernah putus

  26. Tris Says:

    o iya hpku Nokia 6015
    hanya 450 rb aja waktu itu, skrg sih dah lebih murah hehehehe

  27. ATTY Says:

    GW PNYA MODEM CDMA NETAC PCDM-DMOO21. TP GA TU SETTING UNK PA BYR TIMEBASENYA CENTRIN DR FREN. TLNG DOUNK BANTU, EH YA GW PK WINDOWS VISTA

  28. hendrick Says:

    mo tanya nih, bisa gk modem cdma yang keluaran ZTE MG870 buat terima fax. kebetulan saya pake star one juga

  29. asraycx Says:

    gimana connect pake modem nokia 9500 jd bingung nih nda mau conect2

  30. wiyarno Says:

    bagaimana sih mengetahui banyaknya pemakaian pulsa internet

  31. meme Says:

    mas aku bingung neh….
    knapa ya starone ku kok g mau gagal terus (’username or password not valid’) kurang lbh muncul kata2 kyk gt….
    gm ngtasinya ya mas….
    padahal stauku username ku dah betul starone,password indosat, dial #777
    trs apanya yang salah ya….
    tolong bantuannya than’s!!!!!!

    skedar info,sblmnya laptop ku dah pernah buat konek ke starone,fren,telkomnet instant,dan XL. dan berhasil tp dah 1 minggu ni g bisa…
    what the problem?? please help me and thank you>>>

  32. aries Says:

    gmana cara setting internet dgn nokia pc suite? kan ada acces point, username, sama password?

  33. arisanto Says:

    tolong bantuin gw dong…
    gw pakai nokia cdma 2685 untuk modem PDA Ipaq 1940,bluetooth bisa dikenali dua alat tsb dan minta
    passkey, tapi 2685 selalu tdk mengijinkan krn alasan
    keamanan, ada yg bisa bantuuuu.

    sbg info kalo pakai modem SE k510i bisa jalan lancar.

  34. tono Says:

    Tolong ………..!
    aku cob strone dengan nokia 6016 kabelnya CA42. seting modem portnya dah benar tapi selalu gagal. Apa hpnya harus diseting dulu?

  35. Rio Says:

    tolong dunk kaseh tau cara nginstal modem hp nokia 6016 cdma, kabel datanya pake DKU-5
    udah berapa kali nginstal tapi ga bisa2 ney…
    cuma ke detect port com doang
    pas di Phone and modem,di modemnya ga mau kedetect??
    trimzzz

  36. nico Says:

    gue.pakai n2115 coonect interenet,tapi satu hari ada dua tiga kali problem loading page.

  37. ditz Says:

    q mpe skrg pake j300i. lmyn bguz! mini opera he3x..

  38. Perfect Action Says:

    Mas, kalo Nokia 6822 buat modem pake kabel data bisa kagak, soalnya belum punya Bluetooth.
    Kesian yaa ;-(


  39. Aku pakai starone pake 1GB Rp.99.000, ga pernah over kuota selama ini, males mau download file besar lemot.
    Koneksi pake CDMA N6235 kabel DKU”m koneksi cukup stabil

  40. kaka Says:

    gimana caranya hubkan nokia 9500 ke komp pke kbel data?

  41. darius Says:

    Internet di Laptop/PC lambat dan mahal ?? Saya akan menjelaskan software/aplikasi browsing yang menjadikan browsing di Laptop/PC 10x lebih cepat dan 10x lebih murah perjamnya hanya 1000 rupiah. Tampilan web tetap full, tidak ada pengurangan gambar Untuk informasi lebih lanjut
    hub 0897 950 7723 (sertakan nmr HP km)
    Atau email ke darius_lin@yahoo.com Ditunggu ya…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: