Memory Itulah Penyebabnya

Sudah genap sebulan komputer rumah tidak mau menampakkan nyalinya di layar monitor kesayangan. Hampir tidak ada tanda-tanda sebelumnya kalau komputer ini akan ‘sakit’ selama sebulan. Awalnya memang sudah ada kejanggalan kecil ketika hendak start up. Memory yang sejatinya berukuran 256 mb, jelas-jelas terdeteksi sebesar 1 mb. Namun setelah dilepas dan pindah slot, memory kembali normal. Kejadian ini sempat berulang beberapa kali.

Sampai sebulan yang lalu, keanehan semakin menggila ketika OS sama sekali tidak mau bergerak. Karena beberapa kali direset hasilnya sama saja, maka langsung ambil tindakan tegas, format ulang! Setelah proses format selesai langsung dilanjutkan dengan instalasi OS yang baru. Proses instalasinya sendiri berjalan lancar tanpa hambatan sama sekali. Aplikasi tambahan pertama yang diinstall sudah pasti Mozilla Firefox yang memang disiapkan untuk mencoba browsing. Sampai disini pun tidak ada kendala berarti. Surfing di internet terbilang normal. Test drive selama kurang lebih 3 jam, komputer terlihat sangat normal dengan OS barunya. Kemudian shut down.


Setelah beberapa jam beristirahat, kembali kembali menyalakan komputer. Terkejut ketika mendapatkan pesan bahwa ada file system yang corrupt dan OS tidak dapat berjalan. Hati bertanya, apakah secepat itu system crash? Karena penasaran, langsung melakukan instalasi ulang, proses dan test-nya masih seperti yang pertama. Sampai pada proses shutdown dan istirahat. Dan buruknya, setelah dinyalakan kembali, hasilnya pun sama persis. Kembali ada file system yang corrupt.

Karena semakin penasaran, kini mencoba dengan instalasi pada hardisk yang lain. Setali tiga uang, dengan proses test yang sama, hasilnya pun tetap sama. Heran dan bingung dengan kondisi ini, akhirnya mencoba melepas seluruh hardware dan merakit ulang setelah dibersihkan. Dan ritual instalasi kembali dilakukan. Hasilnya masih tetap sama. Dan parahnya lagi, setelah beberapa kali melepas memory, rupanya penyakit menjadi bertambah parah. Saat itu isi CPU sama sekali tidak dapat ditampilkan oleh monitor. Totally blank!

Utak-atik disana sini, hasilnya tetap sama. Karena perlengkapan dirumah terbatas dan hardware pengganti lain tidak tersedia, akhirnya menyerah saja dan kepikiran untuk membawa ke Mangga Dua agar diperiksa lebih detail. Dugaan pertama, masalah sudah merambat ke motherboard atau powersupply. Mungkin saja motherboard yang memang sudah rusak atau kemungkinan power yang sudah tidak kuat mengangkat energi komputer. Namun, karena dirasa belum menemukan waktu yang pas untuk menyiapkan waktu seharian khusus untuk perbaikan ini, sampai kemarin komputer itu hanya menjadi pajangan saja dikamar.

Pada hari Sabtu kemarin, sempat berdiskusi dengan seorang rekan dari Yogya mengenai kerusakan ini. Dia sempat menyarankan untuk melakukan beberapa hal. Kebetulan beliau memiliki pengalaman dan pengetahuan dengan hardware komputer. Beberapa langkah yang dia sarankan:
1. Mencoba mengganti memory dengan yang teruji bagus. Kepikiran untuk membawa memory dari kantor yang kebetulan jenisnya sama.
2. Melepas semua card di slot PCI, kemungkinan ada bentrok IRQ antar card tersebut.
3. Mencoba reset BIOS dan mengganti batery cmos. Kemungkinan seiring umur berjalan, baterynya sudah lemah.

Dengan berbekal saran itu, mencoba membawa memory dari kantor untuk dipasang di komputer rumah. Tekan power dan benar saja, komputer langsung start OS dengan normal. Setelah proses shutdown pun, OS tetap dapat berjalan tanpa ada peringatan file yang corrupt.
Wah, senang lagi dengan kejadian ini. Minimal sekarang sudah tau dimana sumber masalahnya. Dan dengan harapan dapat mengganti memory karena hardware ini memiliki garansi seumur hidup, langsung saja ke Mangga Dua untuk meng-klaim. Tapi sayang toko yang dituju ternyata tutup khusus hari Minggu.

Hari ini, memang sudah berniat untuk kembali ke mangga dua. Pagi-pagi sempat mencari informasi mengenai kemungkinan dapat ditukarnya memory yang rusak dengan garansi seumur hidup apabila sudah dipakai lebih dari 3 tahun. Dengan mengirim pertanyaan di Kampung Gajah, akhirnya mendapat info-info berharga berkaitan dengan situasi ini.

Tepat jam makan siang, langsung berangkat ke Mangga Dua dan menuju Toko HJ dimana memory itu pertama kali dibeli. Setelah dilakukan test oleh teknisi, kesimpulannya memang memory tersebut sudah rusak. Tanpa banyak pertanyaan salah satu dari pegawai toko menukarkan ke distributor. Tak berapa lama kemudian pegawai tersebut kembali lagi dengan memory pengganti yang ternyata masih baru. Setelah test dan diyakini memory tersebut berfungsi dengan baik, disegel, langsung kembali ke kantor. Disana juga ketemuan dengan salah seorang member HTML yang baru saja membeli flashdisk dan sempat jalan bareng karena pulangnya searah.

visipro

Sesampainya dikantor juga sempat melakukan test, dan memory berjalan lancar sampai sore hari. Malam ini, langsung pasang dan coba. Komputer rumah kini sudah berjalan normal kembali dan semoga awet lebih lama. Dan yang pasti sekarang bisa nge-junk lagi dimalam hari… 😉

Advertisements
Explore posts in the same categories: Komputer

13 Comments on “Memory Itulah Penyebabnya”

  1. CronOS Says:

    di HJ ketemu Vivi nggak? 😉

    *salah fokus*

  2. byonic Says:

    Ktemu dunk, khan dia yang nyolek-nyolek [memory] gw… 😉

  3. didats Says:

    ngetesnya itu kalo gw:
    copot semua dari maderbot, trus nyalain…
    dari situ ketahuan kerusakan dari bunyi beep.

    jebituw… 😉

  4. jesie Says:

    Akh….please try Mac deh 🙂

  5. Gue Says:

    beli teger aje mampu…masa beli SDRAM kagak mampu…..bijimane seh…

  6. byonic Says:

    @Didats:
    Gw juga udah ngelakuin ituw, tapi gak bunyi apa2..
    Kalo dicopot memory baru bunyi…
    Emang dasar memorynya udah ngaco…

  7. bLub Says:

    reply aja deh
    ga ngerti
    :p

  8. byonic Says:

    Hai bLub!™

  9. indratp Says:

    akhirnya sehat juga tuh kompi… 🙂

  10. rasi bintang Says:

    Ada yang bisa kasih saran? Komputerku setiap start awal begitu mau masuk ke display program2nya langsng monitornya standby…. kenapa yach? kalo mo format ulang harddisk gimana caranya?

  11. jayakarta Says:

    Benernya kalo semua diganti baru pastikah ormal ya..???
    wah.. kalo ada duit nyari yang ter akhir deh…!
    “bisa ga beli beli ” orang keluar yang terakhir katanya mo keluar lagi. Hehehe….
    good luck

  12. Friend Says:

    aku mau tanya nich, apa sich pengertian corrupt, penyebabnya apa dan solusinya bagaimana ?

    tolong di jawabnya. terima kasih.

  13. Friend Says:

    di jawab secepatnya ya……? Please ..!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: